26 April 2009

Mengapa kita harus aqiqah ?

Aqiqah adalah salah satu ajaran Islam yang dicontohkan Rasulullah SAW. Aqiqah mengandung hikmah dan manfaat positif yang kita bisa petik di dalamnya. Oleh karena itu. Kita sebagai umat Islam sudah selayaknya melaksanakan setiap ajaran Rasulullah SAW tanpa terkecuali, termasuk aqiqah ini.

Setiap orang tua mendambakan anak yang shaleh, berbakti dan mengalirkan kebahagiaan kepada kedua orangnya. Aqiqah adalah salah satu acara penting untuk menanamkan nilai-nilai ruhaniah kepada anak yang masih suci. Dengan Aqiqah diharapkan sang banyi memperoleh kekuatan, kesehatan lahir dan batin. Ditumbuhkan dan dikembangkan lahir dan batinnya dengan nilai-nilai Ilahiyah.

Dengan Aqiqah diharapkan sang bayi kelak menjadi anak yang shaleh dan berbakti kepada kedua orang tuanya. Jika acara ini dilaksanakan dengan tulus-ikhlash dan dijiwai nilai-nilai ruhaninya oleh kedua orang tuanya, tentu akan berpengaruh terhadap perkembangan sang bayi, khususnya jiwa dan ruhaninya.

Aqiqah adalah salah satu acara ritual di dalam Islam, yang dilaksanakan pada hari ketujuh dari kelahiran seorang bayi. Aqiqah hukumnya sunnah muakkad (mendekati wajib), bahkan sebagian ulama menyatakan wajib.



Pentingnya ber aqeqah

Apabila kita memiliki barang yang bisa mendatangkan manfaat dan bangga memilikinya, namun barang tersebut dalam keadaan tergadai, bagaimana sikap kita terhadap barang tersebut ?. Tentunya kita berusaha semaksimal mungkin untuk menebusnya.

Aqiqah adalah upaya kita untuk menebus anak kita yang tergadai. Aqiqah juga merupakan realisasi rasa syukur kita atas anugrah, sekaligus amanah yang diberikan Allah SWT terhadap kita. Aqiqah juga sebagai upaya kita menghidupkan sunnah Rasulullah SAW, yang merupakan perbuatan yang terpuji, mengingat saat ini sunnah tersebut mulai jarang dilaksanakan oleh kaum muslimin.

Rasulullah SAW bersabda :

“ Barangsiapa menghidupkan sunnahku disaat kerusakan pada umatku, maka baginya pahala orang yang mati syahid. “ ( Al – Hadst )

Selain itu, banyak juga manfaat yang lain, seperti : mempererat tali silaturrahmi dan ikatan sosial dengan para kerabat, tetangga, fakir miskin, dll. Oleh karena itu, marilah kita bersama – sama berusaha menghidupkan

10 comments:

MI Miftahul Huda said...

Anak kok tergadai maksudnya gimana Ustad/zah?

Ummu Hani said...

Dalam hadits berikut yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, dari Al-hasan, dari samurah bahwa Rasulallah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

"Setiap anak (yang lahir) tergadai (terikat) dengan akikahnya. Maka disembelih (hewan) untuknya pada hari ketujuh (dari kelahirannya), dicukur (rambutnya) dan diberi nama."

Dari hadits diatas disunnahkan pelaksanaan akikah adalah hari ketujuh dari kelahiran si bayi.
Dalam redaksi hadits diatas terdapat kata tergadai, adapun maksud dari kata tergadai disini menurut Al-Baihaqi dari Salman bin Syarahbil dari Yahya bin Hamzah, ia berkata "Aku bertanya kepada Atha` Al Khurasani, tentang maksud setiap anak tergadai (terikat) dengan akikahnya".
Ia pun menjawab, "Maksudnya, syafa'at anaknya akan terhalang baginya."

Menurut Imam Ahmad, maksud tergadai disini adalah tertahannya syafaat sang anak untuk kedua orangtuanya.

Wallaahua'lam bishshowab

Addini Urwah Hanifah said...

makasih infonya ya ustadzah. silakan berkunjung balik jika berkenan :)

Unknown said...

Ustadzah sy mau tanya anak saya lahir dgn rmbut sgt tipis skli smpai kelihatan botak.ketika aqiqah dicukur dgn gunting sedapatnya krna sangkin tipisnya da pendek sekali hampir tidak keliatan ada rambut. Tp setelah lewat 6 bln rmbut nya sdh kelihatan tp smpai umur 2 thn ini blum saya gundul. Itu bagaimana hukum nya ustdzah apa hrs sya gundul di saat dia sdh 2tn ini apa bagaimana.berdosa kah?

Pendingin ruangan tanpa ac said...

Klo bru bs akikah umur 1 thn bgmana? Dan apakah msi acra potong rmbt? Apa hrs usia 7 hari. Tlg pencerahanya

Pendingin ruangan tanpa ac said...

Klo bru bs akikah umur 1 thn bgmana? Dan apakah msi acra potong rmbt? Apa hrs usia 7 hari. Tlg pencerahanya

Unknown said...

Pa ust sya baru memeiliki rezeki untuk aqiqah anak sy di usia 8taun ...bagaimana hukumnya? Apakah msh boleh?

Unknown said...

Ustadz/ah kalau aqiqah dilaksanakannya di saat punya uang,sah tidak hukumnya

Unknown said...

Ustadz/ah kalau aqiqah dilaksanakannya di saat punya uang,sah tidak hukumnya

Unknown said...

jadi kalo Aqiqah anak kita jadi anak baik dan masuk Syurga .. trs kalo orang Kismin bin Kere bin Bambongan yg jgn kan beli kambing .. beli beras aja gak bisa .. trs gak bisa aqiqah trs anak nya jd Bajingan ..jd Penjahat mati masuk Neraka ..Betapa AdiL nya Hidup ini ..

Post a Comment

Ad

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India