30 August 2011

Film Lucu Bikin Jantung Sehat



Hidayatullah.com--Pada masa liburan seperti sekarang ini, TV dan bioskop pasti banyak menawarkan film-film berkualitas. Semua film layak dijadikan tontonan, namun film komedi lebih memberikan efek menyehatkan karena dapat memelihara kebugaran jantung.


Menurut penelitian terbaru di University of Marryland, film komedi memancing para penonton untuk rileks dan tertawa lepas. Efeknya pada pembuluh darah adalah memicu relaksasi atau pelebaran sehingga tekanannya turun dan kerja jantung jadi lebih ringan.

Efek sebaliknya akan terjadi ketika sedang menonton film horor dan film perang. Film-film yang menegangkan seperti ini membuat pembuluh darah mengalami vasokonstriksi atau penyempitan sehingga tekanan darah meningkat dan bisa memicu serangan jantung bagi yang berisiko.

"Kesimpulannya, tertawa baik untuk jantung. Efek yang kami amati pada dinding pembuluh darah cukup konsisten dan dapat disetarakan dengan efek aerobik maupun pemberian obat statin," ungkap Dr Michael Miller yang memimpin penelitian tersebut seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (30/8/2011).

Dalam penelitian ini, Dr Miller melibatkan sejumlah relawan yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama diminta menonton film komedi berjudul There's Something About Mary dan kelompok lainnya diputarkan film perang Saving Private Ryan.

Hasil pengamatan pada tekanan dan kondisi pembuluh darah menunjukkan bahwa emosi yang terbentuk saat menonton film mempengaruhi peredaran darah. Perbedaan antara tekanan darah saat tertawa dan tegang atau ketakutan disebut-sebut cukup signifikan, yakni antara 30-50 persen.

Temuan ini menegaskan hasil penelitian sebelumnya, yang menyimpulkan bahwa kondisi mental yang tertekan dapat memicu penyempitan pembuluh darah. Tegang dan terlalu serius saat menonton film horor atau film perang termasuk kondisi yang mental yang dinilai penuh tekanan.*

Sumber : detikhealth

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India